Jumat, 02 September 2016

KEMAJUAN TEKNOLOGI MASA KIN


          Ketika membicarakan tentang kemjauan teknologi, tentu bukanlah hal asing lagi bagi kita semua. Semua orang yang hidup pada abad ini pasti merasakan dampak dari berkembangnya teknologi. Kemajuan teknologi dapat dibuktikan dari banyaknya inovasi-inovasi baru yang telah ditemukan, dinuat, atau bahkan yang sudah diterapkan. Kecanggihan teknologi tersebut mulai dari yang sederhana hingga teknologi yang mutakhir dan bahkan menghebohkan dunia. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat berguna untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Lewat teknologi yang super cepat dan canggih banyak orang yang telah merasakan manfaat keberadaanya, salah satu contohnya adalah meningkatnya taraf hidup masyarakat.
            Perkembangan teknologi sudah dimulai sejak jaman Romawi, dan terus diperbaharui hingga sekarang. Sehingga menciptakan cara-cara untuk melakukan sesuatu hingga lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.
            Sebagai contoh kemajuan teknologi adalah adanya alat yang digunakan untuk membantu meringankan salah satu pekerjaan rumah tangga yaitu mencuci. Alat ini biasa disebut dengan mesin cuci. Sejarah perkembangan mesin cuci dimulai dari keinginan manusia untuk menjaga pakaiannya agar tetap bersih. Di peradaban kuno, mereka membersihkannya dengan cara manual satu persatu. Lalu mulailah dikembangakan benda yang dapat membantu memudahkannya, benda tersebut bernama sabun. Lalu mulailah orang-orang mencuci bajunya dengan sabun. Orang-orang jaman dahulu biasanya mencuci pakaian di tempat yang airnya mengalir, seperti sungai. Teknologi pun tidak berhenti berkembang, lalu diciptakan mesin pompa air. Dengan adanya pompa air, pekerjaan mencuci menjadi lebih mudah. Meskipun pekerjaan lebih mudah, tapi itu tidak cukup meringankannya. Diciptakanlah sebuah alat yang berfungsi untuk mencuci pakaian atau kain, baik itu untuk kebutuhan rumah tangga atau untuk kepentingan bisnis yang bernama mesin cuci. Dalam penggunaannya mesin ini sangat membantu sekalidalam meringankan pekerjaan rumah tangga. Sehingga para ibu rumah tangga dapat melakukan pekerjaan lain tanpa harus terganggu dengan kegiatan mencuci. Awalnya mesin cuci terbuat dari kayu, namun tidak bisa bertahan lama karena banyak kendalanya. Lalu,dibuatlah mesin yang terbuat dari logam. Mesin cuci yang ditemukan sebelum adanya mesin cuci listrik modern sangat merepotkan dan berbahaya. Mesin cuci otomatis yang ada sekarang adalah sebuah gabungan dua buah mesin yaitu pencuci dan pemeras/pengering. Desain mencuci mulai mengalami banya perubahan sejak tahun 1930-an. Mekanisme badan mesin yang tertutup serta lebih banya mementingkan keselamatan dari pengguna mesin cuci tersebut. Seperti itulah kemajuan teknologi mesin cuci. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar