Jumat, 02 September 2016

TEKNIL SIPIL UMM




            Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan manusia. Teknik sipil memiliki ruang lingkup yang luas, didalamnya terdapat pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer memiliki peranannya masing-masing. Didirikan pada tahun 1978 dengan nama Akademi Teknik Malang atau Pedidikan Ahli Teknik (ATM/PAT). Awalnya berada di Jl. Sumbersari. Dan berubah menjadi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang tahun 1980. Lalu pada tahun 1992 dipindah ke kampus III UMM Jl. Raya Tlogomas dengan tujuan untuk menungkatkan layanan agar lebih baik. Dan saat ini sudah menyandang status akrreditasi B dan telah meluluskan 2400 lebih sarjana muda teknik sipil.
            Fasilitas pendukung yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan diantaranya :
1.      Laboratorium Fisika
2.      Laboratorium Jalan Raya dan Transportasi
3.      Laboratorium Ilmu Ukur Tanah (Geodesi)
4.      Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur
5.      Laboratorium Mekanika Tanah
6.      Laboratorium Gambar (AUTOCAD)
7.      Laboratorium Hidrolika
8.      Laboratorium Pusat Komputasi Aplikasi Teknik Sipil
Laboratorium tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan yang memenuhi standar kebutuhan untuk praktikum sesuai dengan Dirjen Dikti. Laboratorium tersebut juga difungsikan untuk melakukan riset dosen dan mahasiswa baik dari dalam maupun luar UMM. Dan juga sebagai pusat pelayanan dan jasa pengujian dibidang konstruksi bagi praktisi. Di Pusat Komputasi Aplikasi Teknik Sipil difungsikan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan peningkatan daya saing lulusan teknik sipil dalam pengetahuan aplikasi komputer.
Prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa teknik sipil UMM :
a.       Beberapa kali juara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI)
b.      Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI
c.       Kompetisi keahlian teknik sipil lainnya

            Beberapa keunggulan :
a.       Prospek kerja ke depan lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang perencanaan, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, industri rekayasa struktur dan penatakelolaan sumber daya air. Pegawai perusahaan swasta nasional maupun internasional, perwira TNI/POLRI, serta akademisi di perguan tinggi negeri maupun swasta.
b.      Mudah terserap ke dunia kerja, terutama di instansi pemerintah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar